Mohamed Salah Pemain Terbaik Afrika 2017

Mohamed Salah Pemain Terbaik Afrika 2017
Pemain Timnas Mesir dan Liverpool, Mohamed Salah, dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika 2017.

Salah unggul atas rekan satu timnya di Liverpool, Sadio Mane, dan bintang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, yang menempati posisi pemain terbaik kedua dan ketiga.

Gelar pemain terbaik Afrika 2017 itu diterima Salah pada acara penghargaan tahunan Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) di Accra, Ghana, Kamis (4/1/2018) atau Jumat dini hari WIB.

"Sangat sulit menggambarkan momen saat kami berhasil lolos ke Piala Dunia setelah 28 tahun," ujar Salah dalam acara penganugerahan tersebut seperti dilansir dari situs resmi CAF dan Sky Sports.

"Saya memiliki musim yang sangat bagus bersama AS Roma dan Liverpool. Penghargaan ini sangat besar artinya bagi saya. Ini momen spesial dalam karier saya," kata Salah lagi.

Gelar pemain terbaik diraih Salah berkat penampilan gemilangnya selama 2017. Gelandang serang berusia 25 ini berhasil membawa Mesir lolos ke Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya sejak tahun 1990.

Selain itu, Salah juga tampil menakjubkan pada setengah musim perdananya berseragam Liverpool dengan mencetak 17 gol dari 21 laga Liga Inggris. Salah kini hanya terpaut satu gol dari Harry Kane yang memimpin daftar pencetak gol terbanyak (top skorer) Liga Inggris 2017-2018.

Salah juga berhasil membawa Timnas Mesir lolos ke final Piala Afrika, namun harus rela kalah dari Kamerun di partai final.

PemainTerbaik Afrika dipilih melalui voting para pelatih timnas dan kapten tim negara-negara di Benua Afrika.

Salah jauh mengungguli para pesaingnya dengan mengoleksi 700 poin. Mane di tempat kedua (100) dan Aubameyang ketiga (60).

Mesir menyapu bersih penghargaan tahun ini, setelah Timnas Mesir juga meriah gelar Tim Terbaik Afrika 2017 dan pelatih mereka, Hector Cuper, menjadi Pelatih Afrika Terbaik.

Saat membela AS Roma sebelum pindah ke Liverpool, Salah mencetak 10 gol antara Januari sampai Mei 2017.

Di klub barunya, Liverpool, Salah sudah mengoleksi 24 gol di seluruh kompetisi. 

Sebelumnya, Salah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika 2017 oleh media Inggris, BBC.*

Previous Post Next Post