Manchester United Klub Sepakbola Terkaya di Dunia 2017

Manchester United Klub Sepakbola Terkaya di Dunia 2017
Manchester United Klub Sepakbola Terkaya di Dunia 2017

Sepakbola -- Manchester United merupakan klub sepakbola terkaya di dunia menurut Forbes dalam daftar tim sepakbola paling berharga yang dirilis Rabu (12/7/17). 

Di laman bertajuk The Business of Soccer, United di posisi teratas, diikuti Barcelona, Real Madrid, Bayern Munich, dan Manchester City di posisi lima besar.

Posisi tim sepakbola terkaya berikutnya, 5-10, ditempati Arsenal, Chelsea, Liverpool, Juventus, dan Tottenham Hotspur.

Posisi 10-20 besar ditempati Paris Saint-Germain, Borussia Dortmund, AC Milan, Atletico de Madrid, West Ham United, AS Roma, Inter Milan, Schalke 04, Leicester City, dan Napoli.

Manchester United Klub Sepakbola Terkaya di Dunia 2017

Daftar Tim Olahraga Terkaya 2017

Dari daftar tim olahraga terkaya secara umum, Manchsester United di peringkat ketiga. Posisi pertama ditempati tim soccer Dallas Cowboy dan tim baseball New York Yankees di posisi kedua.

Barcelona membuntuti United --sebagai tim olahraga dari sepakbola-- di peringkat keempat Di bawah Blaugrana ada Real Madrid yang mengisi peringkat kelima.

daftar tim olahraga terkaya

Dibandingkan dengan rilis tahun lalu, United naik dua peringkat. Tahun lalu, United menempati posisi lima dengan pemasukan 3,32 miliar. 

Barcelona dan Real Madrid justru mengalami penurunan. Musim lalu, Real Madrid menjadi tim sepak bola terkaya dengan total keuntungan 3,65 miliar dolar. Diikuti Barcelona dengan 3,55 miliar dollar.

Meningkatnya pendapatan United tahun ini tidak terlepas dari beberapa faktor. Selain guyuran uang dari sponsor dan hak siar, penjualan merchandise United termasuk yang terbesar tahun lalu. Dari kontrak hak siar televisi, Setan Merah meraup 8,4 miliar pounds selama tiga tahun.

Dari merchandise, Paul Pogba dan Zlatan Ibrahimovic mendominasi daftar jersey paling laku tahun lalu. Belum sebulan jersey mereka dirilis, United langsung meraup keuntungan sebesar 190 juta pounds.

Kucuran dana yang besar membuat kubu Old Trafford tidak ragu menggelontorkan dana besar untuk mendatangkan pemain. 

Jika melihat rilisan Forbes, tidak mengherankan jika United termasuk tim yang jorjoran dalam bursa transfer. Terakhir mereka mendatangkan Romelu Lukaku dengan harga 75 juta pounds.

Top 20 Klub Sepakbola Terkaya di Dunia versi Forbes

  1. Manchester United
  2. Barcelona
  3. Real Madrid
  4. Bayern Munich
  5. Manchester City
  6. Arsenal
  7. Chelsea
  8. Liverpool
  9. Juventus
  10. Tottenham Hotspur
  11. Paris Saint-Germain
  12. Borussia Dortmund
  13. AC Milan
  14. Atletico de Madrid
  15. West Ham United
  16. AS Roma
  17. Inter Milan
  18. Schalke 04
  19. Leicester City
  20. Napoli

Previous Post Next Post