Persib dan Persipura Terancam Batal Berlaga di AFC Cup 2017

Persib dan Persipura Terancam Batal Berlaga di AFC Cup 2017
Sepakbola Magz -- Juara dan runner-up ISL 2014/2015, Persib Bandung dan Persipura Jayapura, terancam gagal berlaga di ajang Piala AFC 2017. 

Pasalnya, pendaftaran kontestan kejuaraan sepakbola antar klub terbesar kedua di kawasan Asia itu sudah tutup.

PSSI (pengurus lama) ternyata belum mendaftarkan Persib ke kompetisi kasta kedua antar klub se-Asia tersebut.

Namun demikian, Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, menyebutkan pihaknya sedang berupaya agar kedua klub ini tetap bisa berlaga di AFC Cup 2017. 

Menurutnya, saat ini dirinya telah menjalin komunikasi yang intens dengan AFC untuk mencari solusi tersebut.

"Jadi posisi PSSI itu, punya harapan agar, bisa tampil di AFC Cup, setelah kita confirm tidak mungkin tampil di AFC Championship karena itu harus melakukan proses lisencing klub profesional dan sebagainya," katanya dikutip situs resmi PSSI.

"Sementara kompetisi kita kemarin tidak bisa mengimplementasikan itu. Dalam spirit mengikuti, mendaftar, mencari tahu dan lain sebagainya. Dengan keyakinan tampil di AFC Cup bisa, baru saja terkonfirmasi secara informal dari AFC, bahwa Indonesia tidak qualified karena deadline dari pendaftaran itu sudah lewat," tambahnya.

Joko menuturkan, pihaknya masih mencari tahu penyebab Persib dan Persipura tidak terdaftar dalam AFC Cup.

"Kami cukup terpukul dengan situasi itu. Spekulasinya memang, bisa saja, kenapa ini kemarin lalai, sengaja atau apa, itu saya nomor duakan dulu, karena kita sedang fight untuk memberikan penjelasan kepada AFC, tentang kemungkinan bisa diterima sekali pun terlambat (mendaftar)," ujarnya.

Pengundian babak grup Piala AFC 2017 akan dilaksanakan pekan depan. Jika sampai pengundian tersebut dilaksanakan tidak ada lampu hijau dari AFC, artinya peluang Persib dan Persipura untuk ikut sudah benar-benar tertutup

"Ini upaya yang tidak mudah. (Kita akan usahakan) sampai nanti ada drawing di tanggal 12-13 Desember, (saat) itu lah benar-benar baru kita bisa katakan, kita tidak (bisa ikut)," imbuhnya.

Persib menjadi wakil Indonesia untuk AFC Cup karena merupakan juara ISL musim 2014 dan Persipura merupakan runner-up.

Pihak Persib sendiri masih menunggu konfirmasi dari PSSI terkait partisipasi mereka di AFC Cup. Manajer Persib, Umuh Muchtar, menjelaskan, nasib Persib baru bisa dipastikan dua hingga empat hari mendatang.*

1 Comments

  1. Alasan joko driyono itu pengurus lama yang salah, tapi sepertinya joko driyono dan iwan budianto itu jg pengurus lama...dasar pssi gak pernah berubah...

    ReplyDelete
Previous Post Next Post