Kontroversi Gol Jepang vs Spanyol, Bola Masih di Dalam Kok!

Kontroversi Gol Jepang vs Spanyol, Bola Masih di Dalam Kok!

Gol Jepang ke gawang Spanyol dicetak Ao Tanaka lewat proses yang kontroversial. Jepang melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. 

Jepang menang 2-1 atas Spanyol di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Jepang keluar sebagai pemenang. Wakil Asia itu mengalahkan Tim Matador 2-1.

Sempat ketinggalan lewat gol Alvaro Morata sejak menit ke-11, Jepang baru membalas di babak kedua. Ritsu Doan dan Ao Tanaka memastikan kemenangan 2-1.

Gol kedua Jepang kemudian ramai dibahas. Sebab, Ao Tanaka mencetaknya usai memanfaatkan umpan Kaoru Mitoma, di mana bolanya terlihat sudah keluar lapangan.

Gol tercipta berawal dari umpan silang mendatar Ritsu Doan dari sisi kanan ke tiang jauh Spanyol di sisi kiri. Mitoma mengejarnya, dan bisa mencungkil bola ke tengah membuat umpan tarik. Namun dalam tayangan lambat, terlihat bola sudah keluar lapangan, sebelum disambar Tanaka menjadi gol di mulut gawang.

Wasit Victor Gomes kemudian mengecek VAR, dan cukup lama meninjaunya. Sampai akhirnya, VAR mengesahkan gol itu dengan anggapan 'bolanya belum keluar lapangan sepenuhnya'.

Di media sosial, banyak yang mempertanyakan keabsahan gol Jepang. Beberapa menilai bola memang belum keluar sepenuhnya, sebagian lainnya beranggapan VAR membuat kesalahan.

Video: Jepang vs Spanyol 2-1 All Goals Highlights

 


Previous Post Next Post